MACAM-MACAM SISTEM OPERASI ANDROID

aat ini pasti sebagian besar masyarakat pengguna gadget sudah mengenal Android, Ya Android merupakan sistem operasi berbasiskan Linux yang ditujukan untuk perangkat ponsel. Berikut ini beberapa sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google Inc.

Macam – Macam Sistem Operasi Android

Android versi 1.1 
Pada 9 Maret 2009, Google merilis android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, pengiriman pesan dengan GMail, dan pemberitahuan e-mail.
 
Android versi 1.5 (Cupcake)
1.5 Cupcake
Pada versi 1.5 Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon,  dukungan Bluetooth A2DP, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
 
 
 
Android versi 1.6 (Donut)
1.6 Donut
Android Donut terdapat update untuk menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, penggunaan baterai indikator, dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
 
 
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
2.0/2.1 Eclair
Pada 3 Desember 2009, terdapat beberapa perubahan yang ditujukan untuk pengoptimalan pada hardware. Perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukunganflash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
 
 
Android versi 2.2 (Froyo)
 
Pada 20 Mei 2010, terdapat perubahan pada Android versi 2.2, antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi dua sampai lima kali lebih cepat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang dapat mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
 
Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Adanya peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.   
 
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
3.0/3.1 Honeycomb


Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. Honeycomb juga mendukung multi-processor dan akselerasi hardware untuk pengolahan grafis yang lebih baik. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus.
 
Andoid versi 4.0 (Ice Cream)
Android versi 4.0 dirilis pada akhir tahun 2011 oleh Google.
 
 
4.0 Ice Cream Sandwich
 
Begitu banyak bukan sistem operasi yang ada di Android, bagaimana dengan sistem operasi anda apakah anda sudah mencoba sistem operasi android ini. Jikalau belum silahkan mencobanya, oya jangan lupa beri komentar terhadap blog ini, sistem operasi apa yang sudah anda gunakan dan bagaimana menurut anda terhadap sistem operasi tersebut.
 
 

Android versi 4.1 Jelly Bean

 

 

Fitur dari OS android 4.1 jelly bean ini adalah pada bagian area notifikasi yang bisa dikostumasi dan tentu saja kini kita bisa melakukan action atau tindakan terhadap hal-hal yang muncul di notifikasi. Misalnya saat Ada sebuah email masuk, maka cukup dengan membuka area notifikasi kita bisa mendapatkan pilihan mau diapakan email tersebut, tanpa harus membuka aplikasi email terlebih dahulu dan fitur lainnya pada jelly bean ini terdapat pada home screen yang membuat user lebih leluasa untuk dipersonalisasi,Acccessibility seperti gesture dan speech feedback, serta tampilan menu kamera yang lebih diperbaharui dengan hadirnya fitur Film Strip View dan Faster Deletion dan tentunya fitur Undo.
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s