Harta Kekayaan Anas Urbaningrum Dalam Kariernya Di Dunia Politik

Nama Anas Urbaningrum semakin populer namanya setelah ia terpilih sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat periode 2010 hingga 2015. Anas meniti karier politiknya setelah bergabung dengan Partai Demokrat dan dipercaya menjadi Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah DPP Partai Demokrat periode 2005 hingga 2010.

Ketika diadakannya Pemilu Legislatif 2009 Anas dipercaya untuk menjadi anggota DPR RI yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Timur. Selain itu juga Anas dipercaya menjadi Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, yang juga bersamaan dengan terpilihnya SBY menjadi RI-1 untuk kali yang kedua. Tidak lama menjadi Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, Anas Urbaningrum mengundurkan diri terkait pencalonan Anas sebagai Ketua Umum Partai Demokrat . Setelah mengalahkan rivalnya Marzuki Alie dan Andi Mallarangeng, Anas akhirnya terpillh menjadi Ketua Umum PD.

Semula kehidupan Anas tidak semewah seperti sekarang ini. Pasalnya saat Anas masih menjadi anggota KPU pada tahun lalu, Anas hanya menggunakan mobil Kijang Super untuk pergi ke kantor. Ia pernah juga menggunakan mobil dari kantor yaitu sedan Toyota Soluna berwarna silver. Harta kekayaan Anas ini meningkat tajam semenjak ia bergabung dengan Partai Demokrat.

Setelah mengundurkan diri dari anggota KPU dan bergabung dengan Partai Demokrat di tahun 2005, total harta kekayaannya sebesar Rp 1,623 miliar dan USD 2.300. Dua tahun kemudian setelah Anas sudah menjadi Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah DPP Partai Demokrat, harta kekayaannya melonjak menjadi Rp 2,236 miliar serta USD 2.300 di tahun 2007. Nyaris dua kali lipat dari sebelum ia bergabung dengan Partai Demokrat.

Anas Urbaningrum juga mempunyai bangunan yang luasnya 275 m2 yang terletak di Jakarta Timur dengan harga bangunan Rp 155 juta. Di Jakarta Timur juga Anas mempunyai tanah dan bangunan yang luasnya 539 m2. Sedangkan di Kabupaten Karawang Ia memiliki tanah yang luasnya 11.412 m2, dan 1.620 m2. Pasca terpilih menjadi Ketua Umum PD, Anas memiliki dua rumah mewah di kawasan Duret Sawit, Jakarta Timur. Dua rumah yang saling berdampingan ini hanya dipisahkan oleh jalan kompleks.

Harga tanah diperkirakan mencapai Rp 5.000.000 per meter persegi dengan luas lahan mencapai 1.000 meter persegi. Tidak hanya itu, Anas juga membeli tanah di Yogyakarta dekat kediaman mertuanya senilai Rp 16 miliar. Di rumah Anas saat ini juga terparkir mobil-mobil yang lebih mewah daripada saat laporan ke LHKPN tahun 2007, seperti Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Honda City dan Kijang Innova.

http://www.interns-vote.net/2012/08/10/harta-kekayaan-anas-urbaningrum-dalam-kariernya-di-dunia-politik/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s